Kamis, 17 April 2014

Perbaikan dari pelatihan Aikido cara AIKIKAI sekarang

Olahraga (senam & terapan) PRAWIRA dapat dikatakan sebagai perbaikan dari pelatihan Aikido waza (cara AIKIKAI sekarang) melalui pemahaman sifat baik yang ada pada BUKU dan cara gerak harmonis yang ada pada AIR (atau yang oleh O Sensei Ueshiba Morihei disebut KI-SHIN-TAI NO TOITSU dan KI MUSUBI).

Apakah sebenarnya ki-shin-tai no toitsu?
*** Pelatihan ki adalah pelatihan semangat dan kemauan 
     (tanpa perlu latihan nafas tertentu / latihan menahan 
     nafas yang beresiko) supaya timbul daya usaha yang 
     baik.
*** Pelatihan shin adalah pelatihan ketenangan diri dan 
     sikap jujur, tulus, dan rendah hati (low profile).
*** Pelatihan tai adalah pelatihan gerak yang sesuai 
     dengan fungsi dan cara kerja anggota tubuh 
     manusia, agar semua gerakan kita menjadi alami, 
     rasional dan ilmiah (efektif dan efisien).

Pelatihan gabungan yang manunggal (toitsu) dari ketiga unsur ki-shin-tai akan memunculkan sikap tenang dan tidak suka pamer atau cari gara-gara, gerakan tubuh yang alami dan harmonis, serta daya usaha yang berasal dari kemauan baik (bukan dari niat dan cara negatif) yang tidak terbelenggu oleh kemampuan otot yang terbatas (yang ada pada orang-orang yang lemah fisik seperti kaum wanita, apalagi saat lanjut usia, atau yang terjadi pada semua orang yang sedang sakit, lapar, lelah, dan lain-lain).

Apa sebenarnya ki musubi
Musubi berarti pernikahan atau perpaduan.
Jadi pelatihan ki musubi adalah pelatihan menyelaraskan kemauan dan usaha kita terhadap kemauan dan usaha orang lain yang sedang berinteraksi dengan kita.
pelatihan ki musubi juga merupakan pelatihan menyelaraskan kemauan dan usaha kita terhadap segala perubahan situasi dan kondisi yang muncul di sekitar kita.

Prawira
Penata gerak olahraga (senam & terapan) PRAWIRA
Rungkut, 031-8700076, Surabaya.  

  

Minggu, 23 Februari 2014

Beda pelatihan Beladiri Kreasi Spontan PRAWIRA dengan Aikido


Apa beda pelatihan Terapan (senam-senam) PRAWIRA dengan pelatihan WAZA (model Aikido)?   
  1. Tidak ada penghafalan CARA GERAK (WAZA), yang ada ialah pelatihan (1) ketenangan diri, (2) kecerdasan akal sehat, (3) terapan dasar gerak anatomis -- sesuai keperluan dan masalah yang dihadapi. 
  2. Mirip olahraga Tinju, masa belajar olahraga kecerdasan akal sehat Terapan  PRAWIRA tidak perlu waktu lama (karena tidak ada rangkaian teknik gerak yang harus dihafal). 
  3. Begitu memahami dasar gerak anatomis, rasa dan daya kemauan / willpower (yang dipahami dari senam-senam PRAWIRA), langsung dapat diterapkan untuk menghadapi bentuk masalah apapun. Tidak perlu menunggu hingga tingkat latihan tertentu (mis. sabuk coklat atau hitam).
Hal ini karena Olahraga / Terapan PRAWIRA hanya mengutamakan:
  1. Pelatihan senam keterampilan & kemantapan gerak
  2. Pelatihan ketenangan & kepekaan RASA
  3. Pelatihan daya kemauan (WILLPOWER) yang stabil
  4. Pelatihan Kecerdasan Akal Sehat
Selain Beladiri Kreasi Spontan PRAWIRA, untuk yang ingin bertubuh nyaman dan bugar, Senam PRAWIRA diajarkan untuk umum secara GRATIS.



Minggu, 16 Februari 2014

Macam dan manfaat Senam PRAWIRA


Macam dan manfaat Senam PRAWIRA   

Senam PRAWIRA    (untuk umum, segala gender, usia, profesi    GRATIS) 
A.   gerak pembinaan kinerja & kelincahan kaki         
     (baik bagi orang yang jarang jalan, sering tergetar motor, lama di kamar 
     ber-AC)
1.    tekuk jari kaki  (1-2, 3-4)
2.    angkat kaki depan (1-2) dan jinjit (3-4)
3.    regangkan otot betis  -  dengan mengayunkan tubuh ke depan (1-2, 3-4)
4.    regangkan otot paha luar  -  dengan mengayunkan kaki ke paha lain (1-2-3-4)
5.    regangkan otot paha dalam  -  dengan ayunkan kaki ke 45o belakang (1-2-3-4)
6.    angkat lutut kiri (1-2) kanan (3-4)
7.    langkah putar dengan pinggul – maju 2x  (1-2), maju 2x ke posisi semula (3-4)
8.    langkah terobos ke depan  (1-2-3-4)
9.    langkah ke samping belakang, lalu maju  (1-2-3-4)
10.    gerak pelatihan keseimbangan tubuh
B.   gerak pembinaan peranan gerakan siku               
     (baik bagi orang yang sering menggerakkan lengan dan mengangkat 
     barang)
1.    ke depan atas (1-2), ke belakang bawah (3-4)
2.    horizontal ke dalam (1-2), ke luar (3-4)
C.   gerak pembinaan kerileksan jari tangan               
     (baik bagi pemakai komputer atau orang yang sering sms atau main 
     game)
1.    jari membuka dari posisi huruf C (1-2) dengan gerak dorong siku
2.    jari kembali ke posisi huruf C secara perlahan (3-4) dengan gerak siku ke posisi alami
D.   gerak pembinaan keterampilan & kemantapan gerak tangan dan lengan 
1.    tabuh genderang
2.    petik daun
3.    pindah barang
4.    peras cucian
5.    buang tanah
6.    tebar jala
E.    gerak perpaduan harmonis anggota tubuh  (untuk menyelamatkan diri / beladiri)
1.    gerak tari PRAWIRA  (1-2-3-4)
2.    gerak tari melepaskan diri  (1-2-3-4)
3.    gerak tari meloloskan diri  (1-2-3-4)

Pelatihan khusus / tambahan:
1.    untuk pembinaan daya rasa & daya konsentrasi kiri – kanan sekaligus
     (baik untuk pelajar, mahasiswa, dan yang harus sering konsentrasi rasa 
     & pikiran)
1.    garis horison & garis vertikal
2.    segi tiga & segi empat
2.    untuk pembinaan kinerja tubuh (supaya tidak mudah sakit, dan cepat 
     sembuh)
1.    rahang,  mata
2.    penggetaran lengan
3.    suara ‘hm’,  suara vokal nada rendah,  suara vokal nada tinggi       
3.    scan kenyamanan tubuh & rileksasi bagian yang tidak nyaman

Pelatihan Lanjutan (khusus anggota):
1.    Senam Rasa PRAWIRA
2.    Senam Interaksi PRAWIRA